Tempat Wisata di Aceh Barat Daya

Tempat Wisata di Aceh Barat Daya – Kabupaten Aceh Barat daya saat ini memiliki beberapa Objek Daerah Tujuan Wisata (ODTW) yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Aceh Barat Daya seperti wisata alam, wisata cagar budaya dan situs sejarah sampai wisata minat khusus seperti hiking dan arung jeram. Sampai tahun 2012 belum tercatat wisatawan dalam dan luar negeri yang berkunjung ke berbagai pelosok Aceh Barat Daya. Di antara jenis wisata yang menonjol adalah wisata minat khusus hiking. Untuk mendukung kegiatan wisata tersebut terdapat pula 7 hotel/losmen yang tersebar di Kabupaten Aceh Barat Daya khususnya di Kota Blangpidie.

Pemandian Krueng Baru

Pemandian Krueng Baru – Pemandian Krueng Baru adalah salahsatu objek pariwisata yang cukup ramai di Kabupaten Aceh Barat Daya, pengunjung biasanya datang kesini untuk sekedar menikmati keramaian atau sengaja mandi di Sungai yang memiliki volume yang besar. Air sungai sendiri digunakan untuk pengairan sawah petani di masyarakat sekitar.

Pantai Wisata Ujong Ketapang

Pantai Wisata Ujong Ketapang – Pantai Ujong Ketapang adalah salah satu pantai indah dengan pasir putih yang sangat indah. Pantai ini merupakan tempat yang sangat tepat untuk menikmati sunset yang indah dan merasakan suasana senja yang begitu romantis.

Taman Laut Ujong Manggeng

Taman Laut Ujong Manggeng – Ujong Manggeng di Gampong Sejahtera, sekitar empat kilometer dari Kedai Manggeng ke arah Barat, merupakan salah satu panorama kekayaan alam yang dimiliki Kabupaten Aceh Barat daya (Abdya) khususnya Manggeng Raya.

Pasir Butiran Lhok Pawoh

Pasir Butiran Lhok Pawoh – Daerah pantai ini agak berbahaya dikunjungi pada musim penghujan karena ombaknya yang relatif besar. Namun, pada hari biasa, wisatawan bebas mengeksplorasinya secara cuma-cuma tanpa perlu takut. Butiran pasir putih yang lembut merupakan daya tarik utama Lhok Pawoh, di mana sekaligus menjadi sumber penamaannya. Sayangnya tidak ada fasilitas penunjang apa pun.

Pantai Wisata Aron Tumpang

Pantai Wisata Aron Tumpang – Selain mudah diakses wisata aron tumpang ini biasanya menjadi tempat menarik untuk mendi, bermain pasir dan olahraga air. Apabila datang dimusim musim hujan wisata pantai ini akan sangat berbahaya untuk mandi ombaknya yang tinggi dan tidak ramah bagi yang kurang bisa berenang. Jarak pantai arong tumpang dari Ibukota Aceh Barat daya sekitar 40 menit perjalanan menggunakan kenderaan roda dua.

Pemandian Krueng Susoh

Pemandian Krueng Susoh – Bendungan Irigasi Teknis Pemandian Krueng Susoh (Mata Ie) adalah merupakan salah satu bendungan yang terindah yang berada di Kab. Blangpidie, Desa Mata Ie, Aceh Barat Daya. Bendungan dengan struktur teknis yang indah ini sudah dijadikan sebagai tempat Objek wisata daerah, dengan airnya yang begitu henig dah sejuk, dan disekitaran lokasi bendungan atau tempat pamandian krueng susoh tersebut terdapat juga banyak kantin atau cafe yg berada disekeliling lokasi tersebut. Dan tidak hanya itu pemandangan dengan panorama alamnya yang begitu indah yang tidak kalah menariknya dari tempat-tempat wisata lain yang terdapat di Aceh Barat Daya yang dapat menarik simpati banyak para pengunjung baik dari dalam maupun luar daerah yang datang ke lokasi tersebut.

Kolam Tgk. Malem

Kolam Tgk. Malem – Masyarkat susoh menyakini legenda kolam malem dilokasi pemandian susoh merupakan bagian dari hiyakat yang diceritakan oleh Teungku Chik Pante Geulima yang kemudian hikayat tersebut kembali dipopulerkan oleh Adnan PMTOH dalam seni tutur katanya seantoro dunia. Menuju ke Kolam Teungku Malem lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Ibukota Aceh Barat Daya karena memang lokasinya mudah dijangkau dan ramai dikunjungi warga sekitar untuk mandi disekitar pemandian krueng susoh.

Pemandian Kolam Putroe Ijo

Pemandian Kolam Putroe Ijo – Salah satu lokasi wisata andalan dan menarik yang patut dikunjungi di Abdya, adalah pemandian Putroe Ijo. Masyarakat setempat biasa menyebutnya Pucok Krueng. Lokasi wisata ini, berada di desa Alue Seulaseh, Kecamatan Jumpa. Tempat ini hanya berjarak 5 kilometer dari pusat kota Blang Pidie, Kabupaten Abdya.

Makam Tgk. Chik Awe Geutah

Makam Tgk. Chik Awe Geutah – Kompleks Rumah  (bangunan) Tgk. Chik  Awe  Getah dibangun  pada  masa ke pimpinannya yang  diperkirakan pada abad ke -13  atau  lebih kurang  500  tahun  yang lalu dan bangunannya hingga saat ini masih bediri dengan kokoh walaupun usianya sudah cukup tua dan letelaturnyapun  seperti  ukiran-ukiran pada dinding,  pintu , jendela  yang melambangkan ciri-ciri  khas daerah pada masa itu juga masih sangat jelas keasliannya.

Pantai Kuala Katung

Pantai Kuala Katung – Pantai ini terletak bersebelahan dengan tempat pendaratan ikan Ujung Serangga, Kecamatan Susoh. Di sana setiap orang bisa dengan leluasa melihat fenomena alam yang sangat magis ini. Warna lembayung di langit biru yang dihasilkan oleh pancaran cahaya matahari, mampu memukau siapa saja yang memandangnya.

Pulau Gosong

Pulau Gosong – Pulau ini adalah hasil pasir hanyut yang menumpuk selama puluhan tahun di tengah-tengah gosong, terumbu karang yang berada di tengah lautan.

Pulau Gosong berlokasi sekitar tiga kilometer dari objek wisata Pantai Jilbab di Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya. Dijelaskan Camat Pulau Banyak Barat, Hasbi, Pulau Gosong adalah satu dari tiga pulau yang timbul kembali setelah tenggelam akibat tsunami pada Desember 2014 silam.

Taman Laut Ujong Serangga

Taman Laut Ujong Serangga – Di Kecamatan Susoh juga terdapat sebuah taman wisata bahari, yaitu Taman laut Ujong Serangga yang cocok sebagai spot driving dan snorkeling. Dengan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- saja per orang. Namun, harga tiket tersebut tidak termasuk penyewaan alat-alat menyelam. Fasilitas lain yang tersedia adalah pancuran dan ruang ganti.

Pantai Wisata Lama Tuha

Pantai Wisata Lama Tuha – Lokasi ini berjarak 13 Km dari Kabupaten, dimana dilokasi ini banyak menyimpan situs-situs Peninggalan Kerajaan Kuala Batee baik berupa batu kuburan, madat, dan situs batu. Di pantai ini banyak mengandung sumber bahan makanan bawah laut seperti : siput dan kepiting yang sangat mudah diperoleh untuk dikelola dan dijadikan sebagai bahan makanan kuliner dengan berbagai cita rasa.

Situs Kerajaan Kuala Batee

Situs Kerajaan Kuala Batee – Hancur pada tahun 1982 akibat invasi pasukan Amerika, tidak berarti Kerajaan Kuala Batee yang merupakan sejarah dari Kabupaten Aceh Barat Daya dapat dilupakan begitu saja. Sejarah tentang kerajaan tersebut dapat dipelajari melalui situs dalam museum di mana kerajaan tersebut dulu berdiri.

Pantai Suak Udeung

Pantai Suak Udeung – Eksotisme pertama diwakili oleh Pantai Suak Udeung yang terletak di Gampong Alue Rambot dan dapat dieksplorasi secara gratis oleh wisatawan. Kawasan yang saat ini sepi tersebut dulunya merupakan pemukiman padat sebelum akhirnya ditinggalkan usai bencana Tsunami 2004. Meski tidak ada fasilitas memadai, Pantai Suak Udeung menawarkan panorama yang begitu cantik.

Pantai Wisata Blang Padang

Pantai Wisata Blang Padang – Blang Padang memang menjadi salah satu magnet wisata dari Kabupaten Aceh Barat Daya, khususnya areal Pantai Wisata Blang Padang, yang sehari-hari menjadi tempat berkumpulnya warga lokal dari berbagai usia mulai anak-anak hingga lansia.

Pantai Wisata Nelayan

Pantai Wisata Nelayan – Jika menggemari olahan laut, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi sentra komoditas laut di Kabupaten Aceh Barat Daya, yakni Pantai Wisata Nelayan. Di kampung yang mayoritas penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan ini juga banyak dijual komoditas laut yang sangat segar dan juga warung-warung sederhana yang menjual olahan laut matang.

Desa Teupin Batee

Desa Teupin Batee – Sempat terdampak parah akibat Tsunami, Desa Teupin Batee kini menjelma menjadi desa wisata yang asri bagi wisatawan. Tanpa adanya hotel berbintang, wisatawan yang datang dapat bermalam di kamar-kamar dari rumah warga yang disewakan dengan tarif sangat terjangkau. Wisatawan dapat berkunjung menyusuri dan menikmati areal persawahan serta peternakan milik warga.

Taman Laut Lama Tuha

Taman Laut Lama Tuha – Taman Laut Lama Tuha berada di Kecamatan Kuala Batee. Tempat Wisata di Aceh Barat Daya ini, wisatawan dapat menyaksikan laut dengan ombak yang tenang serta jernih, hingga tampak jelas terumbu karang dari permukaan. Toilet serta tempat ibadah merupakan fasilitas penunjang.

Kolam Renang Driyen Payeh

Kolam Renang Driyen Payeh – Di Kecamatan Setia, terdapat sarana hiburan keluarga sederhana berupa Kolam Renang Driyen Payeh. Namun sesuai syariah Islam yang dijunjung tinggi di Aceh, maka kolam untuk lelaki dan perempuan ditempatkan terpisah.

Air Terjun Alue Kareng

Air Terjun Alue Kareng – Di Kecamatan Tangan-tangan, terdapat Air Terjun Alue Kareng yang cocok untuk melepaskan penat karena debit airnya relatif kecil dengan air yang sangat sejuk. Tidak adanya retribusi yang diberlakukan pada wisatawan membuat tempat ini kurang terawat dan minim fasilitas, namun tetap menarik untuk dikunjungi. Wisatawan dapat bermain air sepuasnya di sini.

Pantai Lama Muda

Pantai Lama Muda – Di Kuala Batee juga terdapat sebuah pantai cantik yang menjadi spot favorit piknik oleh wisatawan lokal, yakni Pantai Lama Muda. Tanpa pungutan retribusi apa pun, wisatawan dapat bersantai menikmati panorama sekitar hingga bermalam menggunakan tenda. Di sepanjang tepi pantai terdapat banyak pohon cemara yang menambah keindahan pemandangan Pantai Lama Muda.

Gunung Mata Ie

Gunung Mata Ie – Untuk para wisatawan yang gemar mendaki, Gunung Mata Ie di Kecamatan Panton Reu adalah destinasi gratis yang wajib dijelajahi. Dengan puncak ketinggian yang relatif standar, pendaki pemula pun tidak akan mengalami kesulitan berarti. Untuk toilet dapat menumpang pada warga setempat yang cukup ramah, tetapi logistik seperti makanan harus membawa sendiri.

Gunung Cot Keummeunyan

Gunung Cot Keummeunyan – Puncak Gunung Cot Keummeunyan di Blangpidie adalah spot ‘mengejar matahari’ terbaik dan gratis yang dapat bebas dikunjungi oleh para wisatawan. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati sekaligus mengabadikan momen matahari terbit dari puncak gunung ini. Tidak jarang pula yang berkemah, terutama di akhir pekan, meski belum ada fasilitas pelengkapnya.

Krueng Seumayam

Krueng Seumayam – Kawasan dataran tinggi atau perbukitan ini memiliki curah hujan yang tinggi, bahkan pada musim kemarau. Sehingga, udara di sekitarnya pun konsisten segar, cocok dijadikan lokasi piknik untuk melepaskan penat. Wisatawan yang ingin berkunjung tidak akan dikenakan retribusi apa pun, tetapi harus menaati peraturan untuk menjaga kebersihan serta norma sosial.

error: Content is protected !!