Tempat Wisata Di Aceh Besar

Tempat Wisata Di Aceh Besar – Aceh Rayeuk atau Aceh Besar memang sangat terkenal dengan destinasi wisata pantainya yang sangat indah.

Bahkan banyak acara televisi seperti My Trip My Adventure mengambil lokasi syuting di pantai-pantai yang ada di Kabutapetan Aceh Besar.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Aceh Besar mulai dari pantai dan juga tempat-tempat yang indah lainnya.

Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga – Tempat wisata di Aceh Besar yang satu ini memang sangat terkenal akan keindahan pantai dan juga pasir putihnya.

Tidak hanya wisatawan lokal atau domestik yang datang ke pantai ini, tapi wisatawan asing yang cukup banyak mengunjungi pantai berpasir putih ini.

Letak pantai Lhoknga tidak jauh dari Banda Aceh, yang hanya berjarak 20 km, tetapi jika kamu dari pusat kota Jantho jaraknya justru cukup jauh sekitar 60 km.

Pantai Ujong Batee

Pantai Ujong Batee – Tempat wisata di Aceh Besar yang satu ini memang mengalami kerusakan parah ketika tsunami menghantam tahun 2004.

Akan tetapi lambat laun pemerintah memperbaiki wisata ini dan saat ini sudah banyak sekali pengunjung yang mendatangi pantai yang memiliki pasir putih dan juga tebing berwarna putih.

Di pantai ini kamu juga bisa mencicipi berbagai wisata kuliner seafood.

Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk – Aceh Besar memang memiliki pantai-pantai yang sangat mengagumkan, dan salah satunya adalah Pantai Lampuuk.

Selain birunya air laut dan juga pasir putih bersih, di Tempat wisata di Aceh Besar ini juga ada lapangan golf yang berlatar belakang pantai dengan air yang berwarna biru.

Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee – Tempat wisata di Aceh Besar ini Jaraknya hanya 30 km dari Kota Banda Aceh, jadi cukup dekat kan untuk bisa mengunjungi Pantai Lhok Mee.

Di pantai ini kamu bisa bermain-main di pasir putihnya yang bersih, atau mencoba berenang di birunya air laut di Pantai Lhok Mee.

Cukup ramai juga pantai ini karena di pinggir pantai terdapat warung yang selalu menyediakan minuman buat para wisatawan.

Air Terjun Suhom

Air Terjun Suhom – Tidak hanya keindahan pantai saja tempat wisata di Aceh Besar, akan tetapi provinsi ini memiliki air terjun yang masih sangat alami.

Air terjun Suhom ini juga dijadikan sebagai PLTA untuk mengaliri listrik bagi masyarakt Kreung Raya.

Meski tidak cukup dekat dari Banda Aceh tapi jarak 75 km akan terasa dekat ketika kamu sudah sampai di air terjun ini, karena keindahan yang ditawarkannya sangat menawan.

Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta Malaka – Tempat wisata di Aceh Besar ini sangatlah unik. Karena Air Terjun Kuta Malaka ini memiliki 8 tingkatan dan bahkan ada yang mengatakan hingga 20 tingkat.

Letaknya yang sangat dekat dari Banda Aceh yang hanya 30 km ini, kamu bisa menikmati segarnya air terjun, dan jua kamu bisa berenang di sekitaran sungainya.

Air Terjun Peukan Biluy

Air Terjun Peukan Biluy – Salah satu tempat wisata di Aceh Besar yang berada di Bukit Barisan yang cukup terkenal itu adalah Air Terjun Peukan Biluy.

Dan di sisni kamu bisa melihat anak mata air hanya degan menaiki tangga naik ke atas kamu sudah bisa menikmati indahnya suasana alam yang masih alami.

Akan tetapi Air Terjun Peukan Biluy ini akan menjadi sedikit airnya ketika di musin kemaru. Jadi datanglah ketika musim penghujan sudah mulai surut karena debit airnya masih banyak.

Air Terjun Peucari

Air Terjun Peucari – Meskipun medannya memang agak susah tidak seperti tempat wisata di Aceh Besar lainnya, tapi obyek wisata yang satu ini sangat wajib kamu kunjungi.

Selain segarnya air terjun yang turun ke bawah, ada juga telaga d bawah air terjunnya, yang bisa buat bermain-main atau berenang di dalamnya.

Letaknya memang sangat jauh jika dari Banda Aceh, tapi jika kamu dari Kota Juntho maka hanya butuh waktu 1 jam berkendara.

Cagar Alam Jantho

Cagar Alam Jantho – Tempat wisata di Aceh Besar ini memang sangat dekat jika dari pusat kota Jantho sekitar 9 km saja dan kamu juga bisa berkendara untuk menuju lokasi ini.

Cukup banyak aneka tanaman yang ada di dalamnya, seperti pohon pinus dan lain-lain. Dan di Cagar Alam Jantho ini kamu benar-benar akan menikmati udaranya yang sangat segar dan bebas dari yang namanya polusi udara.

Tahura Pocut Meurah Intan

Tahura Pocut Meurah Intan – Cukup beragam flora yang ada di dalam Taman Hutan Raya ini, mulai dari pinus hingga jenis tanaman lainnya.

Jika kamu berkunjung ke Tempat wisata di Aceh Besar ini tidak hanya disuguhi akan sejuknya udara di dalam hutan saja, akan tetapi banyak sekali obyek wisata lainnya. Misalnya seperti pemandian air panas, air terjun, kuliner dan masih banyak lagi lainnya.

Pusat Latihan Gajah

Pusat Latihan Gajah – Tidak hanya bisa ditemukan di Lampung saja ya pusat pelatihan untuk gajah, tapi di Aceh Besar juga punya tempat untuk pelatihan gajah.

Tempat wisata di Aceh Besar ini memang melatih satwa gajah yang sebelumnya sangat liar yang biasanya merusaka perkebunan.

Lalu para gajah tersebut ditangkap lau diberikan pelatihan yang hingga kini dijadikan sebagai tempat wisata yang cukup menarik.

Waduk Keuliling

Waduk Keuliling – Surganya bagi para pemancng ikan tawar dan waduk ini juga bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata di Aceh Besar untuk melampiaskan kepenatan.

Kamu bisa bersantai di pinggiran waduk sembari menikmati udara segara yang berhembus. Cukup dekat jika kamu berkendara dari Banda Aceh, jaraknya hanya 7 km saja.

Gunung Seulawah Agam

Gunung Seulawah Agam – Cukup banyak sekali flora dan fauna yang masih ada di Gunung Seulawah Agam ini.

Gunung yang masih aktif hingga kini, cukup banyak vairan flora faunanya.

Sepertinya di areal gunung ini akan dibuat konservasi tanaman, karena banyak sekali pohon yang ditebang tanpa ijin di lokasi ini.

Gunung Seulawah Inong

Gunung Seulawah Inong – Gunung ini adalah kembaran dari Gunung Seulawah Inong, meskipun masih kalah ketenarannya, tapi di gunung ini banyak sekali muatan sejarah bangsa Indonesia.

Banyak sekali penduduk lokal yang degan berani melawan penjajah. Dan hinggi kini masih ada peninggalan rumah Belanda yang ada di kaki Gunung Seulawah Inong. Rumah itu memiliki nama Rumah Scoobido.

Rumah Cut Nyak Dien

Rumah Cut Nyak Dien – Salah satu pahlawan Indonesia ini dulunya dalam menyusun strategi peperangannya di dalam rumah ini.

Meskipun rumah ini hanyalah replica tapi tetap masih banyak barang peninggalan yang ada di dalamnya.

Karena rumah yang asli sudah terbakar pada tahun 1896. Akan tetapi ada beberapa bagian di dalam rumah yang masih asli dari bangunan lama.

Benteng Indra Patra

Benteng Indra Patra – Aceh Besar memang memiliki sejarah perjuangan yang sangat mengagumkan, dan masih ada bukti sejarah seperti benteng Indra Patra.

Benteng ini dibangun oleh Kerajaan Lamuri yakni Kerajaan Hindu yang pertama kali berada di Aceh.

Letak dari benteng ini berada di pesisir pantai Ujong Batee. Jadi ketika kamu mengunjungi benteng ini kamu juga bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Ujong Batee.

Benteng Iskandar Muda

Benteng Iskandar Muda – Benteng ini sangat berdekatan dengan Benteng Indraparta. Jika kamu berkendari dari Banda Aceh hanya sekitar 15 hingga 30 menit sudah sampai.

Karena jaraknya yang cukup dekat, yakni 20 km. Benteng ini dibangun sangat jelas sbeagai pertahanan ketika melawan penjajah era itu.

Di areal benteng ada dua sumur tua yang memiliki kubah yang hingga kini masih ada di sana.

Masjid Indrapuri

Masjid Indrapuri – Bangunan ini sebelumnya adalah sebuah candi dari Kerajaan Hindu yang pertama kali menapakan kaki di Aceh.

Seiring berjalannya waktu candi tersebut dihancurkan kemudian dibangunlah Masjid di atasnya.

Hingga kini tapak bekas candi Hindu itu juga masih ada dan masih bisa kamu lihat di sekitaran areal masjid.

error: Content is protected !!