Tempat wisata di Aceh Selatan

Tempat wisata di Aceh Selatan – Aceh Selatan dengan pusat pemerintahan di Kota Tapak Tuan menyimpan banyak sekali tempat wisata yang mempesona. Mulai dari tempat legendaris seperti tapak kaki raksasa hingga beberapa pantai dan tempat-tempat menarik lainnya juga ada di kota ini. Berikut ini beberapa tempat wisata di Aceh Selatan yang cukup terkenal tidak hanya di masyarakat Aceh saja, akan tetapi juga dikenal di luar Aceh.

Pantai Batu Berlayar

Tempat wisata di Aceh Selatan tepatnya di Desa Gunung Cut, Kecamatan Samadua ini terlihat hampir sama seperti pantai di Belitung. Karena adanya batu-batu besar yang cukup tinggi yang ada di pinggir-pinggigr pantai. Banyak sekali wisatawan yang berkunjungi di sini untuk pengambilan photo atau hanya sekedar menikmati senja dan juga sunset.

Pantai Tu’i Lhok

Salah satu wisata pantai di Aceh Selatan yang menawarkan panorama indahnya dengan perbukitan nan hijau dan juga air lautnya yang berwarna biru. Selain itu kamu juga bisa bermain-main di bawah air terjun yang ada di pinggir pantai. Jadi kamu bisa membersihkan badan kamu setelah bermainan pasir atau berenang di Pantai Tu’i Lhok.

Pantai Le Sijuk

Tempat wisata di Aceh Selatan yang sedikit berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang berada di Aceh. Pantai ini memiliki pepohonan yang rindang di sepanjang garis pantai, jadi kamu bisa bersantai di pinggir pantai tanpa takut kepanasan. Dan kamu juga bisa menikmati hembusan angin yang benar-benar terasa sangat menyejukkan.

Pantai Air Dingin

Tempar wisata di Aceh Selatan tepatnya di Kecamatan Samadua ini memiliki pesona pantai yang benar-benar eksotis. Tidak hanya pasir putih dan jernihnya air laut saja, akan tetapi pepohonan yang ada di pinggir pantai menambah suasana di pantai benar-benar istimewa. Belum lagi adanya perbukitan di sebelah pantai yang menambah eksotisme Pantai Air Dingin ini.

Pantai Pasir Setumpuk

Nama yang cukup unik untuk sebuah pantai yang ada di Lhok Reukam yang hanya berjarak 8 km dari Kota Tapak Tuan. Jika kamu menginginkan pantai yang benar-benar masih alami kamu harus berkunjung di pantai ini. Karena keasrian dari pantai ini benar-benar dijaga oleh masyarakat lokal, dan bisa dikatakan pantai ini benar-benar masih perawan.

Tapak Tuan Tapa

Salah satu tempat wisata di Aceh Selatan yang sangat melegenda ini dinamakan Tapak Tuan Tapa. Jadi semacam petilasan bekas telapak kaki Tuan Tapa. Hingga kini tempat ini masih sering dikunjungi para wisatawan baik wisatawan lokal maupun luar. Hal ini karena cerita-cerita tentang Tuan Tapa yang selalu diceritakan secara turun temurun.

Makam Tuan Tapa

Tidak hanya bekas telapak kakinya saja, tapi juga ada semacam bukti otentik tentang keberadaan Tuan Tapa. Dan jika dilihat dari sisi ukuran makam ini sendiri memang sangat panjang dan tidaka seperti makam pada umumnya. Dan makan Tuan Tapa ini juga sering dikunjungi oleh para wisatawan baik dari Aceh sendiri maupun dari luar Aceh.

Pemandian Lubuk Simerah

Tempat pemandian yang berupa sungai ini memang memiliki air yang sangat jernih, maka banyak sekali wisatawan yang berkunjung di tempat ini. Karena segarnya air di pemandian dan juga masih asrinya alam sekitar pemandian. Tempat wisata di Aceh Selatan ini cukup ramai ketika memasuki hari-hari libur seperti sabtu dan minggu.

Goa Kalam

Goa ini juga memiliki sejarah yang cukup panjang yang melegenda. Dan goa ini ceritanya sebagai tempat Tuan Tapa yang bisa dibilang cukup gelap di dalamnya. Hanya pencahayaan dari sinar matahari yang masuk melalui mulut goa saja. dan kamu juga bisa menjumpai banyaknya stalaktit yang ada di dalam goa ini.

Air Terjun Tingkat Tujuh

Sesuai dengan namanya tempat wisata di Aceh Selatan ini tepatnya di Desa Batu Hitam memiliki tingkatan tujuh air terjun. Meskipun bisa dibilang tidak terlalu tinggi akan tetapi kamu bisa merasakan segarnya mandi di bawah air terjun tersebut. Dan di setiap tingkatan air terjunnya terdapat kolam yang bisa buat berenang atau hanya sekedar berendam.

Pemandian Air Dingin Panjupian

Benar-benar wisata alam yang sangat mempesona, karena kamu bisa mandi atau hanya sekedar berendam di pemandian ini dengan airnya yang jernih. Dan kamu juga bisa melihat pemandangan perbukitan nan hijau yang ada di sekeliling pemandian. Letaknya juga tidak terlalu jauh dari kota Tapak Tuan yang hanya berjarak 30 km yang berada di Desa Lhok Pawoh.

Taman Putri Naga

Tidak hanya sekedar taman wisata atau taman bermain saja, akan tetapi Taman Putri Naga ini memiliki cerita legenda yang cukup panjang. Dan masih ada hubungan erat dengan legenda Tuan Tapa. Dan di dalam taman ini ada patung seperti naga yang sebagian badan hingga kepalanya ada di luar dan sebagian hingga ekornya berada di dalam perbukitan.

Sungai Alas

Sungai ini termasuk sungai terpanjang yang ad di Provinsi Aceh, dan letaknya ada di Taman Nasional Gunung Leuser. Salah satu yang menjadi daya pikat Tempat wisata di Aceh Selatan ini adlah arus sungainya yang begitu deras. Jadi banyak sekali wisatawan yang engunjungi sungai ini hanya ingin menikmakti arung jeram dan juga melihat pemandangan di sepanjang Sungai Alas.

Masjid Agung Istiqamah

Aceh selalu memiliki masjid-masjid yang sangat indah, dan salah satunya adalah Masjid yang ada di Kota Tapak Tuan. Masjid ini menjadi tempat wisata di Aceh Selatan dikarenakan arsitekturnya yang mengambil dari Timur Tengah dengan perpaduan arsitektur Aceh itu sendiri. Jadi bagi kamu yang berkunjung ke Kota Tapak Tuan setidaknya mampir ke Masjid Agung Istiqamah.

error: Content is protected !!