Tempat Wisata di Aceh Tamiang

Tempat Wisata di Aceh Tamiang – Salah satu Kabupaten di Provinsi Aceh ini memang tidak memiliki pantai sebanyak kabupaten-kabupaten lainnya. Akan tetapi tempat wisata di Aceh Tamian seperti wisata alam juga tidak kalah menariknya. Bahkan cukup banyak tempat wisata seperti air terjun dan wisata alam lainnya yang benar-benar wajib kamu kunjungi. Berikut ini ada beberapa tempat wisata di Aceh Tamiang yang sangat menarik.

Pantai Balai

Keindahan yang disuguhkan Pantai Balai tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di dareah Aceh lainnya. Pantai ini juga memiliki pasir yang berwarna putih dan juga jernihnya air laut. Kamu juga bisa menanti senja di pinggiran pantai atau bisa jua bermain di air yang terlihat cuku jernih. Pantai ini tidak begitu ramai, jadi sangat cocok buat kalian yang tidak terlalu suka akan keramaian.

Pantai Kuala Ketapang

Meskipun tidak memiliki pasir putih tapi keindahan dan keasrian pantai ini masih terjaga. Dan banyak sekali anak-anak sekolah yang melakukan kegiatan seperti camping di area pinggir pantai. Untuk lokasinya sendiri berada di Kecamatan Bendahara. Yang agak susah menuju lokasi ini adalah akses jalan yang belum diaspal, jadi kamu harus ekstra hati-hati ketika berkendara.

Kuala Paret

Jika kamu ingin mandi di sungai dengan jernihnya air dan juga udara sejuk khas pegunungan kamu bisa datang di Kuala Paret. Tempat wisata di Aceh Tamiang ini tepatnya di Desa Kaloy Kecamatan Tamiang. Selain wisata air di sungai kamu juga bisa melihat keindahan pemandangan ngarai yang memiliki lekukan alami yang sangat indah.

Pemandian Air Panas Kaloy

Lokasi tempat wisata di Aceh Tamiang ini tidak jauh dari lokasi Kuala Paret. Jadi sempatkan diri kamu untuk mandi air hangat ketika udara khas pegunungan terlalu dingin buat kamu. Tidak hanya mandi air panas saja, kamu juga akan disuguhi pemandangan alam sekitar pemandian yang benar-benar masih alami.

Air Terjun Tujuh Tingkat

Air terjun ini cukup unik, karena memiliki tujuh tingkat, dan kamu juga bisa menaiki hingga tingkat paling tinggi dan merasakan segarnya air sungai yang jernih. Obyek wisata air terjun ini juga disebut dengan nama lain, yakni Air Terjun Sangka Pane. Letak air terjun ini sekitar 50 km dari kota Karang Baru.

Air Terjun Kembar

Air terjun ini berbeda degan Air Terjun Sangka Pane, karena air terjun ini seperti namanya yang memiliki dua buah air terjun. Dan yang lebih menarik lagi adalah ada kolam yang cukup besar untuk berenang atau berendam langsung di bawah air terjun. Tempat wisata di Aceh Tamiang ini berada di daerah Tenggulun yang jaraknya sekitar 60 km dari pusat kota Karang Baru.

Pemandian Gunung Pandan

Lokasi wisata ini terilang sangat dekat dari pusat kota Kanga Baru yang hanya berjarak 1 km saja. hal yang paling menyenangkan ketika kamu berada di tempat wisata di Aceh Tamian ini adalah kamu bisa bermain di sungai yang airnya benar-benar jernih. Dan di sekeliling sungai cukup banyak pepohononan yang berdiri di bukit yang cukup tinggi semakin menambah keasrian tempat ini.

Air Terjun Rongoh Pintu Kuari

Harus diakui Aceh Tamiang memang sangat banyak sekali air terjun yang masih alami. Seperti Air Terjun Rongoh Pintu Kuari ini masih benar-benar alami dan kamu bisa menaiki puncak dari air terjun dan melihat pemandangan alam dari ketinggian. Maka yang terlihat adalah hijaunya hutan dan juga lekuk sungai yang sangat indah.

Air Terjun Gunung Pandan

Jika kamu menyukai penyusuran alam terutama hutan maka kamu juga akan suka ketika berkunjung di air Terjun Gunung Pandan ini. Air terjun ini berada di sekitaran Gunung Pandan dan juga masih dekat dengan Goa Gunung Pandan. Jadi akan semakin lengkap wisata kamu tidak hanya menikmati air terjun, dan mandi di sungai saja. tapi kamu juga bisa emasuki goa Gunung Pandan.

Pemandian Air Belerang

Pemandian ini memang sangat unik tidak seperti pemandian pada umunya, karena di pemandian ini kamu bisa mencium bau belerang. Dan memang banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan untuk mengobati segala macam penyakit kulit. Dan pemandian air belerang ini berada di Dusun Tualang Niat Kecamatan Tenggulun. Jikai kamu ingin terapi kulit agar lebih sehat, maka kamu wajib mengunjungi pemandian ini.

Goa Indah

Tidak hanya pemandian atau air terjun saja sebagai tempat wisata di Aceh Tamiang, akan tetapi wisata goa juga cukup banyak di Kabupaten ini. Dan salah satunya adalah Goa Indah, yang berada di Kampung Selamat. Ketika kamu masuk di dalam goa maka akan menemukan banyak sekali staktit dan stalagmite yang ada di dalam goa.

Goa Gunung Pandan

Goa yang ada di Gunung Pandan ini memiliki mulut goa yang cukup lebar, jadi ada sedikit penerangan dari matahari yang masuk ke dalam goa. Untuk mencapai goa ini kamu harus sedikit naik ke atas perbukitan. Dan sesampainya di atas kamu akan disuguhi pemandangan alam nan hijau tepat di depan mulut goa.

Goa Pintu Kuari

Mulut goa ini tidak begitu lebar seperti Goa Gunung Pandan, akan tetapi ketika kamu memasuki ke dalam goa maka akan semakin besar ruangan goa. Untuk kontur goa di dalamnya tidak bertingkat-tingkat jadi memang sedikit berbeda dibandingkan dengan goa lainnya. Tempat wisata di Aceh Tamiang ini tepatnya di Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun.

Goa Walet

Tempat wisata di Aceh Tamiang ini memang cukup banyak dihuni oleh burung wallet, itulah kenapa goa ini dinamakan Goa Walet. Tempat wisata ini masih cukup sepi dan belum banyak orang yang datang. Jadi jika kamu sangat menyenangi berpetualang terutama obyek wisata goa, mungkin Goa Walet bisa kamu jadikan destinasi wisata di akhir minggu.

error: Content is protected !!