Tempat Wisata di Aceh Tengah

Tempat Wisata di Aceh Tengah – Meskipun tidak memiliki banyak pantai seperti beberapa Kabupaten lainnya di Aceh, bukan berarti wilayah di pusat Kota Takengon ini tidak layak dikunjungi. Justru di Kabupaten ini memiliki tempat wisata yang cukup unik, dan belum tentu kamu bisa menemukannya di daerah lain. Dan salah satunya tepat wisata di Aceh Tengah adalah terdapatnya situs pra sejarah. Dan berikut ini beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Aceh Tengah.

Pantai Menye

Tempat wisata di Aceh Tengah ini memiliki keunikan tersendiri, bagi wisatawan yang baru pertama kali mungkin tidak akan menyadari bahwa dia berada di danau atau di pantai. Karena pantai ini benar-benar mirip dengan danau. Kamu akan melihat pemandangan alam khas perbukitan yang disekeliling pantai dan dipenuhi pepohonan nan hijau. Pantai Menye atau Pantai Manja ini berada di seberang pusat kota Takengon, yang jaraknya hanya 20 km.

Danau Laut Tawar

Ketika kamu mengunjungi Danau Laut Tawar maka kamu juga bisa merasakan sejuknya udara di Dataran Tinggi Gayo. Dan memang danau ini mewarkan pemandangan yang luar biasa karena diapit oleh dua bukit nan hijau. Kamu bisa menghabiskan waktu degan bersantai di pinggir danau atau bisa juga memancing air tawar yang cukup banyak di danau ini.

Pantan Terong

Sangat nanggung ketika kamu mengunjungi Danau Laut Tawar tapi tidak menaiki bukit Pantan Terong. Jadi sempatkanlah untuk menaiki bukit karena pemandangan yang kamu liat cukup eksotis, selain menghirup udara sejuk pegunungan kamu juga bisa melihatDanau Laut Tawar dari ketinggian. Tempat wisata di Aceh Tengah ini memang cukup ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun asing.

Kota Takengon

Selain menjadi pusat kota pemerintahan Aceh Tengah, Takengon memang menawarkan udara yang cukup sejuk. Dan memang banyak orang bilang bahwa Takengon ibarat sebuah negeri di atas awan. Hal ini dikarenakan letaknya kota Takengon berada di ketinggian 1200 dpl. Dan untuk menjangkau tempat wisata lainnya juga cukup berdekatan antara satu dengan lainnya.

Goa Loyang Koro

Tempat wisata di Aceh Tengah ini hanya berjarak sekitar 5 km dari Kota Takengon dan juga cukup berdekatan dengan Danau Laut Tawar. Cukup panjang sejarah dari Goda Loyang Koro, dan menjadi salah satu bukti sebagai tempat pelarian Sultan Aceh. Ketika kamu berada di goa ini kamu bisa menikmati jernihnya air sungai yang mengalir di areal goa.

Goa Loyang Datu Merah

Tempat wisata di Aceh Tengah ini berjarak 25 km dari pusat kota Takengon dan telah menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Karena ketika kamu berada di area goa kamu juga bisa menikmati jernihnya air sungai yang mengalir di area goa.

Air Terjun Mengaya

Salah satu tempat wisata di Aceh Tengah yang cukup memikat para pengunjungnya adalah Air Terjun Mengaya. Letak air terjun ini berada di Desa Mengaya, Kecamatan Bintang, meskipun jalan yang menuju ke sana hingga kini belum beraspal, tapi pesona akan air terjunnya sangat layak untuk dikunjungi. Selain itu kamu juga bisa berendam di kolan yang berada di bawah air terjun langsung.

Makam Raja Linge

Tidak hanya sekedar wisata alam saja ketika kamu berada di Takengon, tapi juga bisa wisata budaya. Seperti Makam Raja Linge ini juga layak kamu kunjungi, karena di sini kamu juga bisa melihat secara langsung rumah adat yang memiliki arsitektur cukup unik. Tempat wisata di Aceh Tengah ini memang cukup jauh dari pusat Kota Takengon, kamu harus menempuh jarak sepanjang 70 km dari pusat kota yang berada di Kecamatan Linge.

Pacuan Kuda Di Danau Laut Tawar

Ketika kamu berada di Danau Laut Tawar sebaiknya pas hari libur seperti hari minggu selalu di adakan pacuan kuda di pinggir danau. Jadi tidak hanya menikmati indahnya danau saja, tapi kamu juga bisa merasakan adrenalin memacu kuda di sini. Dan kamu juga bisa selfie di Tugu Kuda Kampung Bintang yang menjadi ikon Kabupaten Aceh Selatan.

Sunrise di Kampung Toweren

Jika kamu suka akan keindahan ketika matahari terbitkamu bisa mengunjungi Kampung Toweren yang letaknya hanya 7 km dari pusat Kota Takengon. Ketika matahari mulai terbit maka semburat cahayanya benar-benar eksotis dan hanya bisa kamu nikmati di Kampung Toweren ini.

Dataran Tinggi Gayo

Tempat wisata di Aceh Tengah ini memang akan membuat kamu nyaman ketika mengunjunginya. Kamu tidak hanya menikmati sejuknya udara khas dataran tinggi serta pemandangan danau yang sangat indah saja. akan tetapi kamu juga bisa menikmati kopi Gayo yang benar-benar asli dan juga meminumnya langsung di kebun kopinya.

error: Content is protected !!