Tempat wisata di Aceh Timur

Tempat wisata di Aceh Timur – Jika kamu tidak menemukan pantai di Aceh Tenggara kamu bisa mencoba mengunjungi Aceh Timur. Tempat wisata di Aceh Timur khususnya wisata pantai, kamu akan sangat dimanjakan di kabupaten. Dan ada pantai yang benar-benar popular bagi masyarakat Aceh yang ada di Aceh Timur, yakni Pantai Kuala Leuge.

Pantai Kuala Leuge

Tempat wisata di Aceh Timur ini sebagai salah satu pantai yang memiliki garis pantai yang sangat panjang. Jadi kamu bisa bermain sepuasnya di areal apantai ini, dan jika kamu merasa kepanasan kamu bisa berteduh di pohon yang cukup rindang yang ada di sepnjang pantai. Akan tetapi pantai ini sempat ditutup oleh warga dan akhirnya sepi pengunjung yang datang ke Pantai Leuge. Hal ini dikarenakan aktifitas remaja yang berkunjung di pantai ini telah menyalahi norma-norma adat. Dan akan dibuka kembali setelah permintaan warga kepada DInas Pariwisata direalisasi, seperti memberikan batas di pantai ini.

Pantai Pusong Kuala Idi

Salah satu tempat wisata di Aceh Timur yang pantainya memiliki pasir putih yang sangat bersih, dan juga birunya air laut, dan itulah Pantai Pusong Kuala Idi. Jaraknya hanya 1 km saja dari pusat Kota Idi Rayeuk. Pantai ini memang cukup sering dikunjungi wisatawan lokal sendiri karena letaknya yang cukup dekat dan pemandangan pantai yang disajikan memang benar-benar indah.

Pantai Ulim Idi Cut

Meskipun pantai ini tidak memiliki garis pantai sepanjan Pantai Kuala Leuge tapi pesona pasir putihnya benar-benar mampu memikat para wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang berdatangan di pantai ini, tetapi seperti wisatawan asing juga cukup sering berdatangan. Perpaduan antara pepohonan hijau di pinggir pantai dengan pasir putih dan birunya air laut menambah eksotisme pantai ini.

Pantai Peudawa Rayeuk

Tempat wisata di Aceh Timur ini terletak di Kecamatan Peudawa dan cukup banyak sekali pengunjung yang datang terutam ketika momen Lebaran. Cukup banyak para wisatawan yang asyik bermain air di pinggiran pantai atau hanya sekedar jalan-jalan menyusuri pantai.

Pantai Matang Rayeuk Seuneubok Meuku

Meski cukup jauh dari pusat kota Idi Rayeuk dengan jarak 60 km, tapi tetap ramai ketika musim liburan datang. Jajaran pepohonan yang cukup rindang yang ada di pinggiran pantai semakin menambah indahnya pantai ini ketika dilihat dari kejauhan.

Pantai Alur Dua Muka

Pantai yang terletak di Kota Idi Rayeuk ini hanya berjarak 2 km saja, yang menjadikannya sebagai salah satu pantai favorit warga lokal untuk melepaskan penat. Cukup banyak sekali aktifitas para wisatawan yang bisa dilakukan di pantai ini, yang hanya sekedar bermainan air laut atau bercengkerama di pinggiran pantai.

Pantai Kuala Geulumpang

Tempat wisata di Aceh Timur ini memang cukup keren, hamparan pasir putihnya cukup luas, belum lagi birunya air latu yang terlihat jelas. Maka akan semakin memikat hati para wisatawan untuk sekedar berenang atau hanya berendam di pantai. Untuk mencapai likasi pantai ini kamu harus berkendara setidaknya 15 menitan karena jaraknya sekitar 5 km dari pusat kota Idi Rayeuk.

Pantai Kuala Simpang Ulim

Cukup unik ketika kau berkunjung di tempat wisata di Aceh Timur ini. Karena letaknya yang tidak jauh dari kota Idi Rayeuk yang hanya 8 km semakin banyak wisatawan yang berkunjung di pantai. Dan keunikan di pantai ini adalah ada sebuah pulau kecil yang ada di tengah pantai. Dan kamu bisa mencapai di tengah pulau tersebut dengan menaiki perahu nelayan.

Pantai Keutapang Mameh

Destina tempat wisata di Aceh Timur yang tiak hanya memanjakan mata saja, tapi juga akan memanjakan lidah kamu. Karena di pantai ini kamu tidak hanya menikmati indahnya pantai tapi juga bisa merasakan lezatnya masakan seafood yang banyak di jajakan di pinggiran pantai. Dan cukup banyak sekali menu yang disajikan, jadi kamu juga bisa memilih sepuasnya.

Pantai Kuala Parek

Jika kamu suka dengan memancing kamu harus mengunjungi Pantai Kuala Parek ini, karena di sini cukup banyak ikan-ikan yang cukup besar. Dan letaknya Pantai Kuala Parek cukup dekat dengan kecamatan Sungai Raya. Selain memancing kamu juga bisa menikmati keindahan salah satu pantai di Aceh Timur ini.

Pantai Kuala Beukah

Salah satu tempat wisata di Aceh Timur yang pantainya memiliki garis pantai yang cukup panjang. Jadi kamu benar-benar bisa memiliki lokasi yang masih sepi untuk berenang atau hanya sekedar menghabiskan waktu di pinggir pantai.

Air Terjun Paya Bili

Tempat wisata di Aceh Timur ini tepatnya masuk di Kecamatan Birem Bayeum yang jaraknya pun tidak cukup jauh, yang hanya 12 km saja dari Kecamatan. Yang paling menonjol adalah air terjun ini memiliki danau di bawahnya yang cukup luas. Yang menjadi kendala adalah untuk menuju lokasi air terjun ini belum bisa diakses oleh kendaraan, jadi kamu harus jalan kaki.

Air Terjun Terujak

Lokasi air terjun yang berada di Kecamatan Serbajadi ini benar-benar menjadi salah satu tempat wisata di Aceh TImur yang cukup favorit. Karena kamu tidak hanya disuguhkan keindahan air terjunnya saja. tetapi kamu juga bisa menikmati pemandian air hangat dan juga air dingin yang masih berada di areal air terjun tersebut.

Situs Kerajaan Peureulak

Selain kamu menikmati keindahan pantai dan wisata alam yang ada di Aceh Timur, kamu juga bisa wisata sejarah. Seperti mengunjungi situs Kerajaan Peureulak. Situs ini sebenarnya hanya dirawat ala kadarnya saja, padahal historinya sebagai salah satu awalan berkembangnya agama Islam di tanah Aceh. Jadi memang agak sedikit disayangkan ketika perhatian dari pemerintahan agak kurang terhadap situs bersejarah.

error: Content is protected !!