Tempat Wisata di Aceh Utara

Tempat Wisata di Aceh Utara – Dengan pusat kota pemerintahan di Lhoksukon yang lumayan memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak ini menyimpan tempat wisata yang cukup eksotis. Mulai dari wisata alam, siwata pantai, wisata sejarah juga tersedia di Kabupaten Aceh Utara ini. Dan berikut ini ada beberapa tempat wisata di Aceh Utara yang bbegitu menarik untuk dikunjungi.

Pantai Kreung Geukeuh

Salah satu pantai yang cukup ramai yang ada di Kabupaten Aceh Utara. Tidak hanya menampilkan pesona pasir putih dan juga birunya air laut saja tapi juga pemandangan pelabuhan bersandarnya kapal-kapal. Tetapi di pantai ini memiliki muara yang mana juga bisa dijadikan tempat wisata atau menyalurkan hobi memancing. Tempat wisata di Aceh Utara ini memang sangat wajib kamu kunjungi karena termasuk pantai yang paling bersih dan juga memiliki garis pantai yang cukup panjang.

Pantai Ujong Blang

Destinasi wisata pantai di Aceh Utara lainnya adalah Pantai Ujong Blang. Pantai ini merupakan salah satu pantai kebanggaan masyarakat Lhoksumawe. Dan di pantai ini kamu juga bisa menemukan muara sungai Cunda, yang biasanya banyak wara yang memancing di area ini. Selain itu ketika kamu mengunjungi pantai ini juga bisa melihat aktifitas para nelayan yang mencari ikan di lautan.

Pantai Ulee Rubek

Tempat wisata di Aceh Utara selanjutnya adalah Pantai Ulee Rubek yang terletak di Kecamatan Seunuddon. Pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal atau dari luar Aceh Utara terutama ketka musim liburan Lebaran. Bibir pantai dan daratan sangatlah lebar jadi cukup leluasa ketika kamu mencoba bermain-main di pinggiran pantai. Dan rindanganya pepohonan yang ada di pinggir pantai membuat suasana semakin teduh dan sejuk.

Pantai Sawang

Pantai yang berada di Desa Sawang ini memang memiliki pemandangan yang cukup indah. meskipun kebanyakan pasirnya berwarna coklat, tapi tidak mengurangi keindahan Pantai Sawang. Dan saat yang tepat di pantai ini adalah ketika mulai senja, kamu bisa menikmati eksotisme matahari tenggelam di pinggir pantai.

Pantai Meuraksa

Pantai ini sebenarnya dulu masuk di Kabupaten Aceh Utara. Akan tetapi adanya pemekaran dan Lhokseumawe menjadi Kotamadya akhirnya wilayah pantai ini masuk ke dalam Kota Lhokseumawe. Letaknya cukup dekat dari Lhokseumawe dan berada di Kecamatan Blang Magat. Di tempat wisata di Aceh Utara ini kamu bisa melihat aktiftas para nelayan setempat, sembari menikmati indahnya Pantai Meuraksa atau Pantai Meureudu.

Pantai Lancok

Jika kamu ingin wisata kuliner dengan sajian berbagai masakan ikan laut dengan menikmati indahnya pantai, kamu bisa datang ke Pantai Lancok. Karena di pantai ini memiliki pondok atau warung-warung yang ada persis di pinggi pantai. Jadi ketika kamu mencicipi masakan khas Desa Lancok kamu juga bisa menikmati semilirnya udara dari pantai.

Pulau Seumadu

Dulunya pulau ini dinamakan Pantai Rencong yang letaknya berada di Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe. Untuk mencapai pulai ini kamu harus lewat jembatan penyeberangan yang terbuat dari kayu. Akan menjadi pengalaman wisata tersendiri ketika kamu berkunjung di Pulau Seumadu. Selain melewati jembatan dan bisa selfie ria kamu juga bisa bersantai di Pulau dengan keindahan air laut yang jernih dan juga pasir putih bersih.

Air Terjun Blang Kolam

Tempat wisata di Aceh Utara yang benar-benar indah akan pemandangan alamnya dan jernihnya air sungai, itulah Air Terjun Blang Kolam. Letak obyek wisata ini berada di Kecamatan Kota Makmur, Lhokseumawe. Dan yang cukup unik adalah ketika kamu mengunjungi air terjun ini kamu harus menuruni anak tangga untuk sampai di lokasi air terjunnya.

Air Terjun 7 Bidadari

Meskipun untuk menuju lokasi tepat berada di bawah air terjunnya cukup sulit, tapi banyak sekali wisatawan yang mencobanya. Hal ini dikarena dengan berada di bawah air terjun kamu bisa menikmati segarnya air yang turun dan juga bisa mandi di kolam tepat di bawha air terjunnya. Dan uniknya lagi air terjun ini memiliki 7 tingkatan yang menambah keindahan dari air terjun itu sendiri.

Pemandian Krueng Sawah

Salah satu tempat wisata di Aceh Utara yang cukup favorit bagi masyarakat sekitar adalah krueng Sawah yang berada di Desa Sawang. Tempat wisata ini menjadi favorit warga lokal karena selain bisa menikmati segarnya air sungai dan sejuknya udara sekitar, selain itu kamu juga bisa menikmati durian yang bisa terbilang cukup murah. Karena cukup banyak sekali pohon durian yang berada di area wisata ini.

Buket Guha Jepang

Tempat wisata di Aceh Utara selanjutnya adalah wisata peninggalan Perang Dunia II, yakni goa Jepang. Seperti dengan goa-goa Jepang lainnya seperti yang ada di tanah Jawa. Kebanyakan letaknya berada di atas bukit karena untuk memantau musuh kala itu. Dan destinasi wisata ini layak kamu kunjungi karena kamu juga akan mengerti seperti apa pertahanan tentara Jepang waktu itu.

Waduk Jeulikat

Tempat wisata yang benar-benar telah mendapat perhatian pemerintah ini menjadikannya sebagai destinasi wisata terbaru yang ada di Aceh Utara. Waduk ini benar-benar sangat terawat dan juga sangat dijaga akan kebersihannya, dan kamu bisa juga mengelilingi waduk sembari menikmati alam sekitar yang masih asri dengan menggunakan perahu. Di waduk ini juga menyediakan penginapan bagi para wisatawan yang ingin menikmati pesona waduk ketika malam hari.

Waduk Pusong

Tempat wisata di Aceh Utara yang sangat terkenal adalah Waduk Pusong. Dan inilah salah satu obyek wisata yang keindahannya bisa kamu nikmati ketika siang hari maupun malam hari. Di siang hari kamu bisa melihat pemandangan alam di sekeliling waduk. Dan ketika malam harinya kamu bisa melihat cahaya lampu dari pinggiran waduk yang memantul di atas air waduk. Begitu juga keindahan sebuah Masjid yang ada di seberang Waduk Pusong.

Rumah Cut Meutia

Dari rumah inilah awalnya pahalawan nasional Cut Meutia ini menyusun segala macam strategi peperangan melawan penjajah Belanda. Dan hingga kini rumah yang memiliki nilai sejarah itu masih ada dan dirawat oeh pemerintah sebagai bentuk apresiasi perjuangan pahalawan nasional. Sat ini Rumah Cut Meutia dijadikan museum yang bisa dikunjungi para wisatawan agar bisa melihat berbagai photo atau bahkan barang-barang peninggalan yang memiliki nilai sejarah.

error: Content is protected !!