Tempat Wisata di Bireuen

Tempat Wisata di Bireuen – Ada beberapa tempat wisata di Aceh khusunya yang ada di Kabupaten Bireuen yang sangat wajib kamu kunjungi. Bisa dikatakan untuk kabupaten yang ada di Aceh ini menawarkan destinasi wisata yang cukup lengkap. Mulai dari wisata alam, wisata pantai, bahkan wisata tempat-tempat sejarah lainnya. Jadi ketika kamu berkunjung di Bireuen maka sempatkanlah mengunjungi beberapa tempat berikut ini.

Pantai Kuala Jangka

Tempat wisata di Bireuen yang mungkin lebih dikenal sebagai pantainya para nelayan ini juga cukup ramai dikunjungi para wisatawan. Itulah Pantai Kuala Jangka, tidak hanya sekedar menikmati indahnya pantai dan deburan mbak yang menghantam karang saja. tapi kamu juga bisa membeli ikan yang masih segar sama nelayan secara langsung.

Pantai Peuneulet Baroh

Destinasi wisata pantai yang ada di Kecamatan Simpang Mamplam dan Samalanga ini menawarkan ombak yang cukup indah. Dan tidak heran jika banyak surfer nasional atau manca berdatangan di pantai ini. Tujuan mereka aadalah menikmati ombak dan berselancar di Pantai Peuneulot Baroh. Dan bagi wisatawan yang bukan surfer, sudah pasti berenang di air laut yang sangat jernih akan sangat menyenangkan sekali.

Pantai Krueng Juli

Tempat wisata di Aceh terutama di Kabupaten Bireuen akan disuguhi berbagai pantai yang memiliki keunikan tersendiri. Seperti Pantai Krueng Juli ini kamu bisa melakukan apa saja di pantai ini. Seperti bermain di pasir di bibir pantai atau menghabiskan waktu dengan memancing tetap bsa kamu lakukan di pantai ini. Letaknya pun juga sangat dekat dari pusat kota Bireuen.

Pantai Calok

Pantai ini tidak banyak berubah meskipun pernah diterjang bencana tsunami hingga kini tetap masih indah. banyak wisatawan yang datang di Pantai Calok melakukan aktifitas seperti diving, snorkeling, atau hanya sekedar bermain atau berenang di pantai. Memang pantai yang ada di Kecamatan Pandarah ini memiliki terumbu karang yang sangat indah untuk dinikmati.

Pantai Kuala Raja

Tempat wisata di Aceh terutama pantai meang tidak ada habisnya, khususnya di Kabupaten Bireun ini. Pantai Kuala Raja cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Dan di pantai ini kamu bisa menikmati pesona pantai yang cukup eksotis serta mencicipi sajian kuliner seafood khas Desa Kuala Raja. Pantai ini juga sangat cocok untuk wisata keluarga, karena cukup banyak wahana bermain buat anak-anak.

PPI Peudada

Tempat wisata yang satu ini adalah tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan atau sebagai tempat bersandarnya kapal. Di tempat ini kamu bisa melakukan aktifitas seperti memancing atau belanja berbagai macam ikan yang cukup murah harganya. Dan jangan Tanya soal kualitas ikannya, karena kebanyakan ikan disana kualitas eksport.

Desa Ulee Kareung

Desa wisata ini benar-benar menawarkan tempat wisata yang cukup komplit. Kamu bisa menikmati keindahan desa ini yang benar-benar masih alami, mulai dari persawahan, perbukitan, hingga pantai yang sangat indah. benar-benar destinasi wisata yang favorit, selain melihat pemandangan khas ddsa, dan juga pantai, kam juga bisa menikmati suguhan kopi Gayo di desa ini.

Pemandian Krueng Simpo

Tempat wisata di Aceh khususnya di Bireuen yang satu ini mungkin belum banyak wisatawan yang mengetahuinya, terutama yang dari luar Bireuen. Pemandian ini sebenarnya sungai yang mengalir dengan air yang sangat jernih, serta pemandangan pepohonan di samping sungai yang masih hijau. Dan akhirnya menjadikan sungai ini sebagai destinasi masyarakat lokal untuk bisa menikmati segarnya air sungai.

Pemandian Batee Iliek

Hampir sama seperti Pemandian Krueng Simpo, yakni sebuah sungai dengan kedalaman yang dangkal dan juga memiliki riak yang tidak terlalu deras. Ketika kamu mendatangi tempat wisata di Aceh tepatnya di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen ini akan disuguhi pemandangan yang indah. tidak hanya bisa menikmati segarnya air sungai saja, tapi bebatuan besar yangada di tengah sungai dan juga perbukitan semakin menambah eksotisme Pemandian Batee Iliek ini.

Air Terjun Ceuraceu

Ingin mandi di sungai dengan kolam yang cukup besar dan juga ada air terjunnya? Maka datanglah ke Air Terjun Ceuraceu yang ada di Desa Samagadeng, Kecamatan Pandrah. Di sungai ini kamu tidak hanya menikmati segarnya mandi di sungai saja, tapi juga disuguhi pemandangan alama lainnya seperti air terjun dan juga tebing yang berbalut pepohonan nan hijau.

Rumah Tengku Chik Abdurrahim

Rumah kediaman ulama yang sangat disegani di seantero Aceh ini masih berdiri kokoh. Padahal rumah ini dibangun mungkin sekitar 5 abad silam. Jadi tidak mengherankan ketika banyak wisatawan yang mengunjungi rumah ini karena umurnya yang sangat tua tapi masih kokoh berdiri. Kamu bisa melihat berbagai relief ukiran kayu yang ada di hampir seluruh bangunan rumah ini. Dan lokasinya sendiri cukup dekat dari Kota Bireuen yang hanya 9 km.

error: Content is protected !!