Tempat Wisata di Lhokseumawe

Tempat Wisata di Lhokseumawe – Secara etimologi Lhokseumawe berasal dari kata Lhok dan Seumawe. Dalam Bahasa Aceh, Lhok dapat berarti dalam, teluk, palung laut, dan Seumawe bermaksud air yang berputar-putar atau pusat mata air pada laut sepanjang lepas pantai Banda Sakti dan sekitarnya. Keberadaan kawasan ini tidak lepas dari kemunculan Kerajaan Samudera Pasai sekitar abad ke-13, kemudian kawasan ini menjadi bagian dari kedaulatan Kesultanan Aceh sejak tahun 1524.

Pantai Ujong Blang

Pantai Ujong Blang termasuk destinasi wisata favorit di Lhokseumawe. Jalan menuju sana sangat mudah diakses dan di fasilitas di sekitarnya juga lumayan lengkap. Tak heran jika lokasi ini kerap dipadati pengunjung menjelang akhir pekan atau musim liburan.

Pantai Rancong

Pantai Rancong adalah pantai yang bersebelahan dengan Pulau Seumadu merupakan objek wisata alam yang berada di Aceh tepatnya di Kota Lhokseumawe, keindahan pantai ini dapat memukau wisatawan asing maupun domestik, apalagi waktu hari libur tiba sangat ramai pengunjungnya,apalagi buat akhir pekan buat berkumpul keluarga

Pulau Seumadu

Pulau Seumadu merupakan sebuah pulau yang menjadi obyek wisata di Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh dan menjadi salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Dulunya tempat ini dinamakan Pantai Rancong, namun sekarang lebih terkenal dengan nama Pulau Seumadu.

Pantai Meuraksa

Pantai Meuraksa yang terletak diujung Timur wilayah Kota Lhokseumawe tepatnya di Kecamatan Blang Mangat, bisa disebut pantai yang masih sangat asri di Kota Lhokseumawe. walau pantai ini jarang di datangi oleh warga, namun pesonanya patut untuk dinikmati. Karena selain bersih, juga rindang serta masih terlihat alami dan begitu terjaga, yang masih dihiasi oleh tumbuhan pinggir pantai.

Sungai Krueng Cunda

Krueng Cunda ini dijadikan tempat budidaya ikan air asin oleh penduduk sekitar, karena selain airnya cukup bersih juga tidak ada ombak atau riak besar yang dapat merusak keramba atau penampungan ikan milik penduduk yang rata – rata dibuat dari kayu dan bambu.

Waduk Pusong

melihat sunset yang indah sembari menikmati kuliner yang tersedia. Pengunjung pun bisa duduk di tempat yang rindang atau di batu-batu besar yang menjadi tanggul yang menghadap langsung ke laut.

Taman Riyadhah

Taman Riyadah adalah taman pusat kota lhoksemawa dengan keindah nya yang sangat menawar di taman Riyadah kota lhokseumawe.

Taman Ngieng Jioh (Blang Panyang)

Lokasinya yang strategis dan keindahan alam yang disuguhkan, menjadi alasan utama pengunjung mengalir kemari. Ya, Gua Jepang dan Taman Ngieng Jioh, yang notabenenya berada dalam satu kompleks menawarkan pengalaman berwisata mengesankan.

Bukit Goa Jepang (Blang Panyang)

Bukit Goa Jepang yang ada di Desa Blang Panyang Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe Nanggroe Aceh Darussalam ini, menjadi destinasi wisata sisa perang Pasifik.

Waduk Jeulikat

Terbentang di Desa Jeulikat, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe, Aceh, Waduk Jeulikat menjelma menjadi pesona baru obyek wisata di Aceh. Waduk buatan ini mulai banyak dikunjungi wisatawan. Terlebih akses menuju ke lokasi waduk buatan terbaru ini juga sangat mudah.

error: Content is protected !!