Tempat Wisata di Pidie Jaya

Tempat Wisata di Pidie Jaya – Kabupaten Pidie Jaya yang pusat kotanya berada di Kota Meureudu ini termasuk Kabupaten baru dari pemekaran Kabupaten Pidie. Ada beberapa tempat wisata yang menjadi kebanggaan masyarakat Pidie Jaya. Mulai dari pantai, wisata alam, hingga beberapa tempat bersejarah juga ada di Kabupaten ini. Berikut ini beberapa tempat wisata yang ada di Pidie Jaya yang sangat layak untuk kamu kunjungi.

Pantai Manohara

Cukup unik memang nama pantai yang di jadikan tempat wisata di Aceh khususnya di Kabupaten Pidie Jaya ini. Meskipun memiliki pasir hitam, bukan berarti air lautnya terlihat keruh. Justru air laut yang ada di pantai ini berwarna biru dan sangat jernih. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya untuk berenang atau sekedar bermain-main di pantai ini. Pantai Manohari terletak di Kecamatan Kota Meureudu yang hanya berjarak 46 km dari pusat kota.

Pantai Khutang

Ada keunikan tersendi di pantai ini, karena tidak semua pantai di Indonesia memilik keunikan seperti Pantai Khutang. Pantai yang terletak di Kecamatan Trienggading ini ada benteng peninggalan Jepang yang berada di pinggir pantai. Jadi tidak hanya sekedar menikmati panorama pantai saja ketika kamu berada di Pantai Khutang ini. Akan tetapi juga mengagumi kekokohan benteng peninggalan Jepang yang hingga kini masih berdiri.

Pantai Panteraja

Salah satu pantai nelayan yang juga memiliki daya pikat akan keindahan pantainya. Jarak pantai ini tidak begitu jauh dari pusat Kota Meureudu, dan bisa kamu jangkau menggunakan kendaraan. Tidak hanya sekedar menikmati keindahan pantai serta lautnya saja. kamu juga bisa membeli ikan dari nelayan secara langsung dengan hara yang cukup murah.

Air Terjun Ulim

Memang tidak mudah untuk mencapai lokai Air Terjun Ulin yang masih ada di Kabupaten Pidie Jaya ini. Jika kamu memiliki jiwa berpetualang mungkin harus mengunjungi air terjun ini. Karena dibutuhkan beberapa hari untuk mencapai lokai air terjun. Cukup banyak rintangannya, seperti melewati beberapa sungai dan harus mendaki perbukitan yang tingginya 1200 dpl. Akan tetapi ketika sampai, maka rasa lelahmu akan terbayarkan dengan menikmati keindahan air terjun dan juga pemandangan yang sangat indah di bawahnya.

Air Terjun Gunung Palang

Tempat wisata di Aceh khususnya di Kabupaten Pidie Jaya memang sangat indah untuk wisata alamnya, seperti air terjun. Meskipun untuk akses ke lokasi air terjun ini kamu harus berjalan kaki dengan melewati beberapa sungai dan juga lembah. Akan tetapi pemandangan yang disuguhkan benar-benar istimewa. Dan sebaiknya jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata air terjun ini harus menggunakan jasa pemanddu. Air Terjun Gunung Palang masih berada di Kecamatan Bandar Baru.

Krueng Meureudu

Sungai yang berada di kota kecamatan ini memang cukup dikenal karena keindahan yang ada di sungai. Mulai dari riak sungai, dan juga airnya yang sangat segar, dan juga pemandangan alam di sekitaran sungai. Ketika senja cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal yang hanya menghabiskan waktu menikmati pemandangan alam yang cukup elok.

Krueng Lhok Gop

Sungai yang berada di Kecamatan Bandar Dua ini ketika musim liburan banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati kesegaran air sungai. Cukup banyak aktifitas yang dilakukan di Krueng Lhok Gop ini. Selain hanya sekedar berendam dan bermainan air, kamu juga bisa menikmati pemandangan seperti persawahan dan perukitan nan hijau.

Benteng Kuta Batee

Salah satu bukti sejarah di era Sulthan Iskandar Muda ini dibangun pada tahun 1620 dan hingga kini masih berdiri kokoh. Bahkan terjangan tsunami tidak cukup menghancur benteng yang berbentuk segi empat. Ketika kamu mengunjungi benteng ini kamu juga bisa belajar sejarah tentang berdirinya benteng Kuta Batee dan juga Kerajaan Trumon yang berada di sana.

Masjid Beuracan atau Masjid Guci Keuramat

Tempat beribadah umat muslim ini sudah berdiri sekitar hampir 400 tahun ini berada di Kecamatan Meuredu. Masjid ini dibangun ketika era Sulthan Iskandar Muda dan hingga kini juga masih berdiri kokoh. Dan cukup banyak wisatawan yang berkunjung disini karena keindahan masjid dan juga nilai sejarahnya. Ada sisi menarik yang ada di dalam masjid, yakni tongkat yang terbuat dari rotan yang usia tongkat tersebut juga hampir sama dengan masjid. Dan tongkat rotan itu mungkin tingkat kekerasannya sudah seperti baja.

error: Content is protected !!