Tempat Wisata di Pidie

Tempat Wisata di Pidie – Tidak kalah degan Kabupaten lainnya, Kabupaten Pidie dengan pusat kota di Sigli juga memiliki destinasi yang mampu menarik para wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang mendatangi Pidie tapi juga wisatawan mancanegara juga penasaran dengan salah satu Kabupaten yang ada di Aceh ini. Dan berikut ini beberapa tempat wisata yang cukup dikenal yang ada di Kabupaten Pidie.

Pantai Mantak Tari

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang, dan ada batu-batu besar di sepanjang pantai yang fungsinya sebagai pemecah ombak. Kamu bisa bermandian atau bermainan pasir di pantai ini, atau juga bisa hanya berteduh di bawah pepohonan yang cukup rindang yang ada di pinggir pantai. Pantai ini juga lumayan ramai ketika hari libur, cukup banyak wisatawan yang berdatangan hanya untuk menikmati panorama Pantai Mantak Tari.

Air Terjun Tangse

Jika kamu ingin berenang di kolam yang alami, maka datanglah ke Air Terjun Tangse. Air Terjun yang terletak di Gampong Meuriya ini memiliki kolam di bawah air terjun yang cukup buat berenang atau sekedar berendam. Selain itu kamu juga bisa bermain di bawah air terjun yang cukup deras dan juga pemandangan sekitar perbukitan yang hijau.

Alue Landong

Lagi-lagi wisata alam seperti sungai banyak sekali ditemukan di Kabupaten Pidie, dan salah satunya adalah wisata sungai Alue Landong. Jika kamu menyukai wisata alam dan ditemani derasnya air sungai yang mengalir mungkin kamu harus mengunjungi Alue Landong. Obyek wisata ini ada di Desa Gampong Alue Landong, Kecamatan Mane.

Krueng Rhoep

Kita akan benar-benar disuguhi pemandangan yang benar-benar alami, ketika mengunjungi air terjun yang berada di Kecamatan Tangse. Air terjun ini cukup tinggi ada sekitar 20 m ke atas, dan kamu juga bisa mendaki perbukitan yang nantinya akan disuguhi pemandangan nan hijau dan juga lekuk sungai yang sangat indah.

Lingkok Kuwieng (Lembah Istana)

Tempat wisata di Aceh tepatnya di Kabupatek Pidie ini sangatlah dekat dengan pusat Kota Sigli. Hanya berjarak sekitar 12 km saja. di obyek wisata ini kamu akan benar-benar bisa menikmati bekas proses alam ribuan tahun terutama pada batuan yang terlihat seperti tumpukan. Selain itu kamu juga bisa mencoba segarnya air sungai pedalaman dengan berendam di sungai yang agak dangkal.

Air Terjun Alue Putek

Meskipun agak jauh dari pusat Kota Sigli sekitar 40 km, tapi Air Terjun Alue Putek ini benar-benar layak untuk dikunjungi. Air Terjun ALue Putek berada di Dusun Geunie dan masih dalam Kecamatan Tangse. Area air terjun yang masih terlihat sangat asri karena memang masih jarang wisatawan yang datang kemari. Hal ini karena keterbasan informasi tentang air terjun tersebut.

Air Terjun Angin Beungga

Terletak di Beungga yang jarak tempuh ada sekitar 50 km dari pusat Kota Sigli ini bisa menjadi tempat untuk berpetualang. Karena memang hutannya yang masih belum terjamah, hanya orang-orang tertentu atau para Mapala saja yang telah datang kemari. Jadi jika kamu ingin mendatangi tempat wisata ini sebaiknya kamu menggunakan jasa pemandu.

Air Terjun Laot

Mengagumkan mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan air terjun ini. Air terjun yang cukup deras dengan sekelilingnya cukup banyak pepohonan dan perbukitan. Serta di bawahnya air terjunya juga ada kolam yang cukup lebar, yang bisa untuk berenang atau hanya sekedar berendam. Tapi kamu harus hati-hati karena kola mini cukup dalam ada sekitar 15 meter kedalamannya. Untuk mendatangi lokasi wisata ini kamu harus berkendara setidaknya selama 15 menitan ke arah Kecamatan Geumpang.

Arung Jeram Sungai Geumpang

Jika kamu menyukai olahraga yang cukup ekstrim, mungkin kamu bisa mencoba arung jeram di Sungai Geumpang. Cukup banyak wisatawan yang datang ke sungai ini hanya untuk menikmati derasnya arus sungai dan menaklukkan sungai yang berbatu. Selain itu kamu juga bisa menikmati pemandangan alama yang ada di pinggiran sungai.

Air Panas Pulo Seunong

Kecamatan Tangse memang menyimpan destinasi wisata yang cukup banyak, dan salah satunya adalah pemandian air panas Pulo Seunong. Pemandian ini letaknya di Desa Pulo Seunong, dan untuk mencapai lokasinya kamu harus menempuh perjalanan melewati persawahan yang cukup jauh. Tapi rasa lelah kamu akan segera hilang ketika nyebur di pemandian air panas.

Guha Tujoh Laweung

Ada keunikan tersendiri yang ada di goa ini, tidak hanya pintu goa yang berjumlah tujuh saja, akan tetapi menyimpan misteri sejarah. Jadi ketika kamu mengunjungi goa ini sebaiknya menggunakan jasa pemandu maka mereka akan bercerita tentang sejarah goa tersebut.

Museum Tsunami

Gedung Tsunamai yang letaknya di pusat Kota Sigli ini tidak seperti monument pada umumnya yang selalu menyimpan benda bersejarah di dalamnya. Museum Tsunami ini sebenarnya sebuah monumen untuk memperingati para koran tsunami pata tahun 2004. Akan tetapi sekarang ini kondisinya tidak begitu terawat.

Masjid Raya Po Teumeureuhom

Inilah salah satu masjid yang memiliki arti sejarah yang sangat penting terutama bagi masyarakat Pidie. Masjid ini dibangun pada masa Sultan ISkandar Muda, dan mungkin hingga saat ini usianya sudah pasti ratusan tahun. Tapi hingga kini masjid tersebut masih berdiri kokoh yang akhirnya dijadikan sebagai wisata religi baik untuk masyarakat lokal ataupun dari luar Pidie.

error: Content is protected !!