Tempat Wisata di Sabang

Tempat Wisata di Sabang – Inilah kota yang berada di dalam Pulau Weh yang letaknya paling barat Indonesia. Kota Sabang bisa dikatakan sebagai suranya para wisatawan. Karena semua obyek wisata, seperti wisata bahari, wisata pantai, wisata alam bisa kamu temukan di dalam satu kota saja. untuk bisa ke Pulau Weh kamu harus naik pesawat dari Bandara Iskandar Muda, dan selanjutnya kamu bisa menggunakan kendaraan.

Pantai Sumur Tiga

Salah satu pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di antara pantai-pantai yang ada di Kota Sabang. Pantai Sumur Tiga memiliki pasir yang sangat putih bersih, dan juga birunya air laut yang sangat jernih. Banyaks ekali wisatawan yang datang ke pantai ini hanya untuk melihat pemandangan bawah lautnya. Dan Pantai Sumur Tiga memang cukup terkenal akan biota laut dan juga terumbu karang yang sangat indah.

Pantai Anoi Itam

Tidak seperti Pantai SUmur Tiga yang memiliki pasir putih yang sangat bersih. Pantai Anoi Itam ini memiliki pasir hitam, yang kemungkinan memang berasal dari gunung berapi yang ada di Pulau Weh. Meski memiliki pasir pantai yang berwarna hitam bukan berarti air lautnya juga terlihat keruh. Air laut di pantai ini tetap terlihat biru dan benar-benar menyegarkan untuk diceburi.

Pantai Ujung Kareung

Obyek wisata pantai ini juga memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya yang ada di Kota Sabang. Pantai Ujung Kareung terdapat tebing karang yang cukup tinggi, jadi untuk bisa di pinggir pantai kamu harus mencari jalan menurun yang tidak terlalu terjal. Akan tetapi kamu juha harus ekstra hati-hati karena ada sebagian batu karang yang licin.

Pantai Iboih

Inilah tempat wisata di Aceh yang cukup terkenal, yakni Pantai Iboih yang ada di Kota Sabang. Pantai ini memuliki pasir yang putih, air lautnya yang berwarna biru kehijauan. Belum lagi ditambah degan pepohonan yang rindang yang berada di pinggir pantai. Masih ada lagi yakni panorama pulau kecil yang ada di depan Pantai Iboih semakin menambah eksotisme pantai ini.

Pantai Kasih

Pantai ini memiliki bebatuan karang yang cukup banyak yang ada di pinggiran pantai. Jika kamu pernah ke pantai yang ada di Gunungkidul, Jogja mungkin terlihat hampir sama. Karena sebagian besar pinggir pantai terdapat batu karang. Akan semakin asyik ketika kamu berenang dan batu karang akan menjadi tempat bersandar ketika kamu lelah berenang di Pantai Kasih.

Pantai Tapak Gajah

Hampir sama dengan Pantai Sumur Tiga, tempat wisata di Aceh yang satu ini juga memiliki pasir putih dan garis pantai yang lumayan panjang. Dan bisa kamu jadikan spot selfie terbaik karena adanya perahu nelayan yang berada di pinggir pantai. Bahkan kamu juga bisa menyewa perahu nelayan untuk mencoba ke tengah pantai.

Pantai Pasir Putih Keuneukai

Seperti namanya pantai ini memang memiliki pasir putih yang bersih, dan tidak ada pasir yag berwarna hitam di pantai ini. Letak Pantai Pasir Putih itu sendiri berada di desa Kenekai dan jaraknya pun juga tidak terlalu jauh dengan Pantai Iboih. Jika kamu berada di pantai ini kamu akan benar-benar dimanjakan dengan pesona alam sekitarnya.

Pulau Klah

Untuk mencapai tempat wisata di Aceh yang satu ini tepatnya di Kota Sabang, kamu harus menyewa perahu nelayan. Dan di pulau ini kamu bisa melihat pemandangan yang benar-benar sangat indah. dan kamu juga bisa melihat berbagai macam biota laut. Misalnya seperti terumbu karang, ikan-ikan laut yang berbagai macam jenisnya.

Pulau Rubiah

Pulau kecil yang masih termasuk dalam Kota Sabang ini dinamai Rubiah karena di situ terdapat makam Cut Nyak Rubiah. Yang paling eksotis di areal pulau kecil ini adalah warna air laut yang biru kehijauan karena adanya warna terumbu karang yang indah di bawahnya. Kamu bisa melakukan snorkeling atau free dive di pantai dekat Pulau Rubiah.

Air Terjun Pria Laot

Tempat wisata alam yang masih alami ini berada di Desa Pria Laot, dan untuk mencapai ke lokasi wisata kamu harus berjalan kaki cukup jauh. Meskipun sangat jauh atau sekitar 1 km an kamu tidak akan merasa kelelahan karena kamu bisa melihat pemandngan nan hijau di samping kanan kiri kamu. Belum lagi ditambah kicauan burung yang tetap akan membuat kamu merasa nyaman tanpa rasa lelah.

Danau Aneuk Laot

Bosan dengan panasnya pantai kamu bisa mencoba merasakan sejuknya udara di sekitar Danau Aneuk Laut. Danau ini cukup unik, karena hampir di sekelilingnya adalah pantai dan danau inilah yang mencukupi kebutuhan akan air bersih masyarakat lokal. Akan lebih baik kamu datang ketika sore hari, karena di danau ini kamu juga bisa menikmati indahnya sunset.

Pemandian Air Panas Keuneukai

Udah mulai bosan degan wisata pantai di Kota Sabang? Atau mungkin sudah terasa lelah mengunjungi berbagai tempat wisata? Kamu bisa menghilangkan semua rasa lelah kamu dengan berendam di Pemandian Air Panas Keuneukai yang berada di Kecamatan Sukajaya.

Gunung Berapi Jaboi

Meskipun terilang agak jauh jaraknya dari pusat Kota Sabang. Tapi obyek wisata gunung berapi ini juga wajib kamu kunjungi. Di gunung yang masih aktif ini kamu bisa melihat semburan air panas yang keluar dari perut bumi. Dan tidak hanya itu saja, kamu juga akan disuguhi panorama alam yang indah yang berada di bawah gunung.

Benteng Anoi Itam

Benteng ini berdekatan dengan Pantai Anoi Itam. Salah satu tempat wisata di Aceh yang juga memiliki sejarah panjang tentang penjajahan Jepang waktu itu. Dan saat ini hanya berupa peninggalan bangunan benteng yang hingga kini masih berdiri kokoh. Ketika kamu berada di Benteng Jepang ini kamu juga bisa menikmati panorama indah Pantai Anoi Itam.

Tugu Nol Kilometer Indonesia

Sangat diwajibkan bagi para wisatawan Indonesia yang mengunjungi Kota Sabang juga harus mengunjungi Tugu Titik Nol Indonesia. Jaraknya tidak jauh dari pusat Kota Sabang, yang hanya berjarak 22 km saja yang bisa ditempuh dengan berkendara. Tepatnya berada di Desa Iboih Ujong Ba’u dan berada di Hutan Wisata Sabang

Tempat wisata di Aceh yang terbagi menjadi beberapa Kota Kabupaten yang ada di Aceh memang cukup banyak. Dan hampir setiap kota yang ada di Aceh memiliki pesona wisatanya masing-masing yang memang tidaklah harus dibandingkan. Mungkin masih banyak tempat wisata di Aceh yang memang belum dieksplor sampai saat ini. Dan bisa jadi memiliki keindahan yang lebih menarik para wisatawan untuk mengunjunginya.

error: Content is protected !!