Benteng ini berada di Desa Ladong di Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Jaraknya sekitar 30 menit dengan mobil dari Banda Aceh ke arah timur. Uniknya, Benteng Indra Patra dibangun pada masa masuknya agama Hindu pertama kali ke Aceh pada tahun 604. Ketika itu, Putra Raja Harsya yang berkuasa di India menyelamatkan diri ke Aceh dari kejaran musuhnya.

Di Aceh, mereka membangun Kerajaan Lamuri dan menyisakan jejak peninggalannya hingga kini. Salah satunya adalah Benteng Indra Patra yang berada di pinggir pantai ini.

Ada 2 bangunan utama di sini, dengan kondisi yang sayangnya cukup hancur. Di bangunan utama yang berposisi paling depan terdapat 2 stupa dengan kubah di atasnya. Di dalamnya terdapat sumur yang konon digunakan untuk ritual umat Hindu.

Hingga Islam masuk ke Aceh dan Sultan Iskandar Muda memimpin, benteng ini tetap digunakan sebagai basis pertahanan melawan Portugis. Suasana alam di sekitar benteng ini sangat indah, kita bisa melihat perbukitan menghijau serta ombak laut di kejauhan. Selain itu, padang rumput di sekitar benteng sangat mirip dengan suasana di Bekol, Taman Nasional Baluran.

sumber: jalan2men.com