Aceh merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki aneka ragam budaya yang menarik khususnya dalam bentuk tarian, kerajinan dan perayaan/ kenduri. Di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam terdapat delapan sub etnis yaitu Suku Aceh, Gayo, Alas, Aneuk Jamee, Simeulu, Kluet, Singkil, dan Tamiang. Kedelapan sub etnis mempunyai budaya yang sangat berbeda antara satu dengan yang lain. Suku Gayo dan Alas merupakan suku yang mendiami dataran tinggi di kawasan Aceh Tengah dan Aceh Tenggara.

Suku-suku Aceh ini tersebar di seluruh pelosok daerah Aceh mulai kota Sabang, Aceh Besar, Banda Aceh, Langsa, Aceh Tmur, Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Jaya dan Nagan Raya. Serta di kampung-kampung seluruh penjuru Aceh.

Kharakteristik masing-masing suku Aceh ini adalah:

  1. Suku Aneuk Jameeyang memiliki bahasa yang sendiri yang mirip dengan bahasa Minang. Suku ini menempati wilayah Aceh Selatan di kecamatan Labuhan Haji, Tapaktuan, Samadua, Kluet Utara. Suku ini juga menempati wilayah Aceh Barat Daya, di kecamatan Susoh, Manggeng dan berbagai daerah lainnya sebagai minoritas.
  2. Suku Devayan adalah suku yang mendiami pulau Simeuleu, yang dibagi dalam 5 kecamatan, yakni Teupah barat, Teupah selatan, Salang, Simeulue Timur dan Simeulue Timur dan Tengah.
  3. Suku Gayo sama seperti suku Tamiang memiliki bahasa sendiri, yakni bahasa Gayo. Suku ini tersebar di kabupaten Gayo Lues dan Kabupaten Bener Merah.
  4. Suku Haloban adalah suku Aceh yang menempati wilayah kepulauan di bagian barat Aceh. Wilayah kepulauan ini bernama kabupaten Aceh Singkil.
  5. Suku Julu sebenarnya masih bagian dari Suku Pak Pak Boang yang berasal dari Sumatera Utara. Pada jaman dahulu, suku ini adalah penghuni asli daerah Aceh Singkil dan dan Subussalam.
  6. Suku Kluet tersebar di sebagian besar kabupaten Aceh selatan, yang dibagi menjadi kecamatan Kluet Utara, Timur, Selatan dan Barat.
  7. Suku Tamiang adalah suku di Aceh yang memiliki bahasa sendiri, yakni bahasa Tamiang. Bahasa ini memiliki dialek mirip Melayu. Suku ini tersebar di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh Timur dan Kota Langsa.
  8. Suku Sungalai adalah suku yang mendiami sebagain besar dari Simeulue Barat, Alafan, Salang, Teluk dalam dan Simeulue Tengah.
sumber: http://pesonawisataindonesia.com/pesona-wisata-nanggroe-aceh-darussalam/