Jika ditanya di manakah tempat wisata yang paling indah di Indonesia ini, tentunya banyak yang menjawab Raja Ampat, Papua, yaitu sebuah tempat wisata yang sudah dikenal oleh seluruh dunia karena keelokan alamnya yang sangat mempesona. Tapi tahukah anda bahwa di belahan Indonesia lainnya ada juga Raja Ampat-nya? “Ah masak sih, bang?” Iya beneran kok.

Nama lokasi cantik yang agak mirip Raja Ampat ini yaitu Gua Sarang. Gua Sarang ini merupakan salah satu objek wisata petualangan yang berada di Pulau Weh, Aceh.

Gua ini berlokasi di Gampong Iboih, Kecamatan Suka Karya, tepatnya di Balik Gunung atau antara Pantai Pasir Putih dan Lhong Angen. Sebenarnya lokasi ini merupakan kawasan hutan lindung yang mana udara disekitar gua ini masih sangat segar dan alami, belum kena polusi. Untuk menuju ke lokasi ini memang membutuhkan energi dan stamina yang ekstra. Anda harus menempuh hutan dan tebing yang sedikit terjal. Tidak hanya melewati hutan, setelah kita turun melewati tebing curam dan hutan kita akan berjalan lagi menyusuri pinggiran pantai Balek Gunung dengan berjalan diatas batu-batu ditepi pantai sebelum sampai ke lokasi gua tersebut. Namun perjalanan anda akan terbayarkan dengan keindahan alamnya yang sangat mempesona. Apalagi dengan pemandangan lautnya yang sangat indah luar biasa. Pokoknya anda tidak akan bosan jika berkunjung berkali-kali ke tempat ini.

Nah, kalau dari pusat Kota Sabang, anda akan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 28 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan untuk menuju ke Gua Sarang ini. Saat dalam perjalanan, beberapa ratus meter dari pantai Gapang akan akan menjumpai persimpangan yang menuju ke The Pade Resort dan akan melewati sebuah kawasan komplek TNI-AD. Ketika anda melewati komplek TNI ini berarti anda hampir sampai di lokasi dan terakhir anda akan berhenti di perkebunan warga, karena mulai dari kebun itulah anda mulai berjalan kaki menuju ke lokasi Gua Sarang.

Mirwaners, ketika anda hampir sampai dimulut gua, terlihat tebing bebatuan yang kini semakin berjatuhan, dipadu dengan pepohonan yang rindang. Belum lagi posisi Gua Sarang yang berhadapan langsung ke laut lepas dan berseberangan dengan Pulau Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Beningnya air laut memantulkan cahaya bak kilauan permata berwarna kebiru-biruan.  Selain itu, suara deburan ombak di bebatuan pinggiran gua dan hembusan angin laut membuat kita terasa damai dan membuat rasa lelah kita yang tadi semakin hilang.

Jadi, bagi anda yang sudah kebetulan berada di Aceh atau yang akan berkunjung ke Aceh, jangan lupa sempatkan diri untuk berkunjung ke Gua Sarang ini ya.

Sumber: mirwans.com
No more articles
error: Content is protected !!